Dosen Uit adakan PKM dengan Melibatkan Mahasiswa

Iklan Semua Halaman

Masukkan kode iklan di sini. Direkomendasikan iklan ukuran 970px x 250px. Iklan ini akan tampil di halaman utama, indeks, halaman posting dan statis.

Dosen Uit adakan PKM dengan Melibatkan Mahasiswa

Redaksi
Senin, 08 Maret 2021



Halocelebes- Makassar Dosen Universitas Indonesia Timur (UIT) Adakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan melibatkan Mahasiswa Prodi S1 Kesehatan Masyarakat di Desa Lebang Manai. Kecamatan Rumbia. Kabupaten Jeneponto.Sabtu 6 Maret 2021


Kegiatan PKM ini dengan mengusung tema “Tetap Sehat dan Produktif di Masa Pandemi”.

Ketua Himaprodi, Rismawati mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu program kerja Himaprodi devisi Pengabdian Masyarakat yang bertujuan untuk memberikan edukasi kesehatan kepada warga khususnya kesehatan di masa pandemi.

Kegiatan ini dihadiri; Dekan FKM UIT, Hermawati Hamalding, S.KM., M.Kes, Ketua LPPM UIT Rahmawati, S.Pd, M.Sc, Ka. Prodi S1 Kesehatan Masyarakat FKM UIT Marhtyni, S.KM., M.Kes,

Ka.Prodi D-III Analis Kesehatan FKM UIT Jurnal Syarif, S.KM., M.Kes, Camat Rumbia Abdul Rajab, S.Pi, Sekretaris Desa Lebang Manai Jamaluddin, SP.


Dekan FKM UIT Hermawati Hamalding, S.KM., M.Kes mengatakan mengucapkan banyak terima kasih kepada Camat Rumbia, Kepala desa Lebang Manai beserta jajarannya, dan warga yang telah mengapresiasi dan memberikan izin pelaksanaan kegiatan Pengabdian Masyarakat.

PKM ini dibuka oleh Camat Rumbia,Abdul Rajab, S.Pi. Pak Camat menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat baik karena dapat memberi wawasan kepada warga terkait trik sehat di masa pandemi. Pak Camat berharap kegiatan ini dapat berlanjut guna meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.




PKM ini dihadiri oleh 56 Peserta dari masyarakat Desa Lebang Manai. Adapun materi yang dibawakan oleh Dosen sesuai dengan kondisi masyarakat setempat yakni Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan 2 indikator PHBS yakni PHBS rumah tangga dan PHBS di sekolah. Secara garis besar sosialiasai PHBS ini mengajak masyarakat untuk berperilaku sehat diantaranya pemeriksaan kesehatan ibu hamil, pemberian ASI Ekslusif, penimbangan balita, penggunaan air bersih, kebiasaan cuci tangan ( praktek 6 langkah cuci tangan), penggunaan jamban yang sehat, pemberantasan jentik nyamuk, makan makanan bergizi, olahraga teratur dan tidak merokok. Serta Sosialisasi Penyakit Tuberculosis : Pencegahan, Penularan, dan Pengobatannya, serta praktek cara penggunaan masker dengan benar.

Penyuluhan ini diselingi dengan doorprize pemberikan paket PHBS ke masyarakat. Adapun Dosen yang melakukan Pengabdian Masyarakat adalah Hermawati Hamalding, S.KM., M.Kes, Marhtyni, S.KM., M.Kes, Jurnal Syarif, S.KM., M.Kes, Nismawati, S.Si., M.Kes, Andi Auliyah Warsyidah, S.Pd., M.Pd., Ardiansah Hasin, S.Pd., M.Pd., Lutfi, S.Pd., M.Pd., Rahmah Sri Susanti, S.KM., M.Kes, Rosdiana, S.KM., dan Drs. Hanafi A.Kadir, S.KM., M.Kes.

Diakhir acara Ketua LPPM Rahmawati, S.Pd, M.Sc, memberikan kenang-kenangan kepada sekretaris Desa Lebang Manai Jamaluddin, SP, yang telah menerima Dosen Universitas Indonesia Timur melakukan PKM di wilayahnya.
(Humas UIT/Beddu Lahi)