Lomba Belah Kelapa Tua Warnai Kemeriahan HUT RI ke 77 di Pasilambena Selayar

Iklan Semua Halaman

Masukkan kode iklan di sini. Direkomendasikan iklan ukuran 970px x 250px. Iklan ini akan tampil di halaman utama, indeks, halaman posting dan statis.

Lomba Belah Kelapa Tua Warnai Kemeriahan HUT RI ke 77 di Pasilambena Selayar

Redaksi
Rabu, 17 Agustus 2022


 Lomba belah kelapa (Foto : APR)


Halocelebes.com - Selayar, Beragam cara unik dan menarik dilakukan masyarakat dalam mewarnai kemeriahan HUT Kemerdekaan RI ke 77 tahun. Sejumlah warga Kecamatan Pasilambena Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan (Sulsel) mengikuti lomba aduh cepat belah dan pacungkil kelapa

Lomba ini diselenggarakan mengingat potensi kelapa di wilayah kecamatan Pasilambena begitu besar dan menjadi sumber-sumber penghidupan bagi masyarakat di wilayah ini dan keseharian masyarakat juga mengelola kelapa menjadi kopra bahkan minyak kelapa serta untuk kebutuhan ibu rumah tangga,”Ujar Mardi, Rabu (17/08/2022).

Dalam lomba ini, panitia menilai kecepatan membelah kelapa dari kulitnya, Setelah kelapa dibelah menggunakan parang, daging kelapa kemudian dipisahkan menggunakan alat tradisional yang dikenal dengan nama Pa'nyo'bi

Menurut Mardi, lomba ini digelar tidak hanya untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan ke 77 setelah dua tahun libur akibat pandemi, namun sekaligus untuk membangun keakraban dan silaturahmi sesama warga.  

"Setelah dua tahun libur akibat pandemi, lomba Agustusan ini sengaja kembali digelar untuk memeriahkan HUT RI, di samping untuk membangun keakraban warga Kecamatan Pasilambena" lanjutnya (Red)